top of page
Recent Posts

Trees of Habit


Kita punya kebiasaan dalam kehidupan sehari-hari, dalam bekerja, dalam pola hidup, dalam belajar, dalam berpikir, dalam membina hubungan, dalam merasa, dan segala aspek dalam hidup kita.

Tahukah teman-teman, bahwa kebiasaan kita yang telah terbentuk selama ini, mempengaruhi cara pandang kita terhadap apa yang ada di sekitar kita, perkembangan kita dalam potensi ataupun hubungan, dan bahkan keputusan yang kita buat?

Kebiasaan itu bisa jadi hal yang kecil, tapi dampaknya bisa besar kalau kita tidak peka. Kebiasaan itu hal yang kita lakukan terus-menerus sehingga bisa menjadi karakter kita. Kebiasaan itu bukan hal yang negatif ataupun positif, melainkan netral. Namun dampaknya bisa negatif, bisa positif, tergantung bagaimana kebiasaan itu membentuk kita. Simpelnya, jika kita menjadi versi diri kita yang terbaik karena sebuah kebiasaan, berarti kebiasaan itu berdampak positif. Dan sebaliknya.

Kami tidak tahu kebiasaan apa yang kamu miliki saat ini, karena kami yakin bahwa setiap orang memiliki kebiasaan yang sangat beragam dan unik satu sama lain. Tetapi jika kamu ingin mengevaluasi apakah kebiasaanmu selama ini berdampak negatif atau positif, mari lakukan 3 hal berikut ini:

1. Evaluasi diri sendiri

Pertama lihat ke dalam diri dan berpikirlah tentang kebiasaan-kebiasaan yang kamu miliki. Tuliskan agar kamu bisa mengerti dengan lebih jelas. Contohnya, kebiasaan datang on-time/kebiasaan mandi malam/kebiasaan bermalas-malasan/kebiasaan rajin membaca/dan lain-lain. Lalu, dari setiap kebiasaan itu, lihatlah apa dampaknya kepada dirimu saat ini, dan pikirkan dampaknya bagi dirimu di masa yang akan datang.

2. Diskusi dengan orang yang kamu percayai

Kita masing-masing memiliki orang-orang yang dekat dengan kita, apakah itu orangtua, teman, saudara, keluarga, guru, mentor, dan sebagainya. Pilih 1-3 orang dan ajak orang tersebut berdiskusi denganmu. Pilih beberapa kebiasaan yang menurutmu masih belum jelas sepenuhnya dan minta orang tersebut memberikan masukan yang membangun.

3. Pilih dan bangun kebiasaan positif secara intensional

Jika kamu sudah mendapatkan hasil evaluasi dengan dirimu dan orang terdekat, saatnya memilih kebiasaan-kebiasaan yang positif dampaknya bagi dirimu dan bahkan orang lain. Kamu juga bisa memilih mengembangkan kebiasaan yang sebelumnya mungkin belum kamu miliki tapi sekarang kamu perlukan untuk menjadi versi dirimu yang terbaik. Bangun kebiasaan itu secara sengaja/intensional.

Sebelumnya kita membahas tentang pohon karakter di kebun kehidupan kita. Sekarang saatnya kita menanam pohon kebiasaan-kebiasaan yang membangun supaya hidup kita jadi lebih berkualitas!

+++

We have certain habits in doing our daily activities, working, lifestyle, learning, thinking, building relationship, processing feelings, and in each aspect of our life.

Do you know that the habits that have been formed until this very day in us, could influence our perspective towards many things around us, our growth in potentials and relationships, and even the decisions that we made?

Habits may look small, but the impact might be powerful if we are not aware enough. Habits are the way we do things that is done over and over again until it could become our characters. Habits are not good or even bad, they are neutral. But the impact of it could be negative or positive, depending on how we let our habits shape us. Simply put, if we become the best version of us because of a certain habit, it means that certain habit brings positive impact into our lives. And vice versa.

We don’t know what habits that you have today, because we believe that every person has various habits and each of you are unique. But if you want to see if your habits brings you whether negative or positive impacts, let’s do these 3 things:

1. Evaluate yourself

Firstly, see inside and think about your habits. Write it down so you will understand it more clearly. For example, the habit of coming on time/taking baths late at night/procrastinating/diligence in reading/and many more. Then from each of your habit, see if today it brings your positive impact, and think about the impact of it for your future.

2. Discuss it with trustworthy people

We all have someone or some people in our lives that are close to us, whether it is our parents, friends, siblings, family, teachers, mentors, and many more. Choose 1-3 people and ask them to discuss with you. Choose some habits that you are not yet clear enough and ask them to give you an input that will build you.

3. Choose and build positive habits intentionally

If you have the result of the evaluation, it’s time to choose the habits that bring positive impact to you and even other people. You can also choose to develop some habits that you don’t yet have but you might need to have to be the best version of you. Build that habits intentionally.

On our previous blog, we talked about trees of character in our garden of life. Now it’s time to plant trees of habit that will improve our life’s quality!

Search By Tags
Archive
bottom of page