top of page
Recent Posts

But First, Relationship!

Salah satu hal yang paling esensial dan selalu ada dalam hidup kita adalah hubungan. Cara pandang, pola pikir, dan kepribadian dibentuk oleh hubungan.

Hubungan pertama yang kita temukan biasanya adalah keluarga, kemudian saat bersekolah, kita mulai kenal yang namanya berteman, dan seterusnya sampai kita dewasa. Kehidupan kita dari kecil sampai dewasa dikelilingi oleh hubungan kita dengan orang lain. Oleh karena itu, kualitas hubungan kita dengan orang lain mempengaruhi kualitas hidup kita.

Salah satu skill yang harus kita pelajari untuk membangun hubungan yang berkualitas adalah komunikasi. Ada banyak hal yang bisa kita pelajari, namun kali ini, mari kita lihat ke-3 hal ini:

1. Mendengar dengan teliti

Komunikasi terdiri dari pengirim pesan, penerima pesan, dan pesan itu sendiri. Jika kita adalah penerima pesannya, mari belajar menangkap pesan yang disampaikan dengan baik supaya menghindari salah paham. Jangan cepat berasumsi, lebih baik cepat bertanya saat kita kurang mengerti sesuatu. Hubungan berdiri atas rasa percaya, dan asumsi tidak bisa membangun kepercayaan.

2. Mengerti sebelum menjawab

Setelah kita menerima sebuah pesan, kita biasanya diharapkan untuk membalas. Cara setiap orang mengirimkan pesan kepada kita bisa beragam dan mungkin ada cara yang tidak kita sukai. Tapi jika kita berusaha mengerti inti pesan tersebut dan menjawab dengan sikap menghargai orang tersebut, kepercayaan akan bertumbuh lebih lagi.

3. Kenali level hubunganmu

Komentar, nasihat, masukan, dan koreksi biasanya bertujuan agar seseorang/sesuatu bisa menjadi lebih maju. Itu pandangan kita saat kita peduli untuk memberikan sebuah informasi yang kita percaya akan membantu orang tersebut. Tapi kita perlu mengerti bahwa level hubungan dan kepercayaan yang kita miliki dengan masing-masing orang itu berbeda-beda. Maka itu, kita perlu memberikan nasihat yang tepat, kepada orang yang tepat, di saat yang tepat, dan dengan cara yang tepat.

Membangun hubungan adalah hal yang harus kita pelajari dan lakukan dengan sengaja. Mari lihat hubungan yang kamu miliki dengan orang lain dan coba terapkan salah satu cara di atas untuk meningkatkan kualitas hubunganmu.

+++

One of the essences of life is relationship. Our perspective, our way to process things, and our personality is shaped by relationships.

The first relationship that most of us find is family, then we go to school and start to make some friends, and it goes on until we become adult. Our life is surrounded by relationship all of the time. That means, the quality of the relationships influence the quality of our life.

So, if we want to build great quality relationship, we have to learn to communicate well. There are many things for us to learn, but this time, let’s see these 3 skills:

1. Listen carefully

Communication consists of the sender, the receiver, and the message itself. If we are the receivers, let’s learn to grab the message carefully to avoid miscommunications. Don’t be quick to assume, be quick to ask when we don’t understand because it’s much better. Relationship stands on trust, and assumption doesn’t build trust at all.

2. Understand first before we reply

The message we received is expected to be replied. Each person has his or her own way to convey the message and some of their ways may not be suitable with us. But if we try to understand the core of the message and always reply people with honour, trust will grow even more.

3. Know the level of relationship

Comments, advises, inputs, and corrections are usually made for helping someone/something become better than before. That’s what we thought when we care enough about someone and wants to give them some good informations to help that person. But we really need to realise that there are different levels of relationship and trust that we have with others. Therefore, we need to give the right advice, to the right person, at the right time, and with the right way.

Building relationship is a skill that must be learned and done intentionally. Take a look at your relationships now and try to apply one of these skills to improve your relationship.

Search By Tags
Archive
bottom of page