top of page
Recent Posts

Menang Sebelum Bertanding


Pernah dengar istilah “kalah sebelum bertanding”?

Belum mulai. Tapi takut gagal.

Belum coba. Tapi takut malu.

Belum tahu. Tapi sudah menolak.

Belum pernah. Tapi takut salah.

Belum berhasil. Tapi semangat sudah padam.

Jika mental kita adalah mental tidak percaya diri, jika pikiran kita adalah pikiran yang serba takut, jika semangat kita tidak kita nyalakan dan biarkan padam, kita sama saja dengan “kalah sebelum bertanding".

Setiap kita punya “pertandingan” yang berbeda-beda di hidup ini. Ada yang ingin menjadi lebih ramah. Ada yang berusaha agar bisa berkomunikasi dengan lebih baik. Ada yang mengharapkan kesempatan kedua setelah gagal. Ada yang mau mencoba sesuatu yang baru, dan lainnya.

Kita memang tidak selalu tahu hasil akhirnya. Kita tidak bisa 100% aman dari kegagalan. Apa yang belum terjadi memang serba tidak menentu dan wajar jika kita merasa takut, tapi di setiap hal yang kita kerjakan, sejak awal kita memulainya, kita selalu bisa menang sebelum bertanding!

Menang sering kita artikan sebagai keberhasilan, kesuksesan, dan keunggulan.

Tapi menang yang kita ingin tekankan kali ini adalah: menang atas diri sendiri.

Caranya adalah dengan tidak membiarkan rasa tidak percaya diri, takut, dan malas menghentikan kita untuk terus berkarya dan menginspirasi banyak orang.

Maka itu, jika kamu sedang ada dalam “pertandinganmu” hari ini, percayalah dengan diri sendiri dan potensi yang kamu miliki, tetaplah berani di saat kamu merasa takut, dan selalu semangat apapun yang terjadi.

Apapun hasil akhirnya, pilihlah untuk menang sebelum bertanding!

+++

In Bahasa Indonesia, we have a term called “kalah sebelum bertanding” which means, “losing before the race begins”.

Haven’t started yet. But afraid to fail.

Haven’t tried it yet. But afraid to embarrass yourself.

Haven’t known yet. But refuse to know.

Haven’t done it yet. But afraid to make mistake.

Haven’t succeeded yet. But already stopped trying.

If we don’t move from our lack of confidence, if we allow fear to take over our thoughts, if we let our spirits died, we are “losing before the race begins”.

Each of us has our own “race” in this life. Some try to be more kind. Some try to improve in communication. Others fight for a second chance after failing. Some want to try something new, and many more.

We don’t always know what the outcome will be. We are not 100% safe from failure. The future is uncertain and it’s normal to feel scared, but whatever we do, from the moment we start to do it, we can always win before the race begins!

Winning is often translated as success, achievement, and to be the number one.

But the meaning of winning that we are talking about is to win over ourselves.

How? By not letting lack of confidence, fear, and laziness stop us from doing the things we love and inspire many people.

Therefore, if you are currently in your own “race” today, believe in yourself and your potentials, be brave even when you are afraid, and keep your spirits up no matter what.

Whatever the outcome will be, win before the race begins!

Search By Tags
Archive
bottom of page