top of page
Recent Posts

Talent


Ada kepandaian yang kita dapatkan dengan belajar, dan ada yang kita bawa secara alami, yang kita kenal sebagai: bakat. Bakat itu beragam dan setiap kita memiliki bakat yang berbeda.

Kepandaian berbicara, menulis, manajemen, matematika, musik, seni, menggambar, mengajar, memimpin, berimajinasi, membina hubungan, dan masih banyak lagi! Semakin kita mengenal banyak orang, semakin kita mengerti betapa dunia ini kaya akan berbagai kemampuan yang bisa mengubah dan menghasilkan banyak hal.

Tidak ada orang yang tidak punya bakat. Kita semua punya. Tetapi tantangannya, bakat itu tidak bisa dilihat oleh mata secara langsung, maka itu harus ditemukan lebih dulu.

Mulai dengan mengenali dirimu sendiri: Apa saja, yang jika kamu kerjakan, kamu merasa lebih mudah dan hasilnya pun bagus? Hal apa yang saat kamu kerjakan, kamu senang dan melihat hasilnya kamu puas?

Kemudian tanyakan ke orang-orang terdekatmu seperti orangtua, saudara, sahabat, atau bahkan gurumu: Kekuatan apa yang mereka lihat dari dirimu?

Dan jadilah lebih peka dan pikirkan: Dalam hal apa saja orang lain biasanya meminta bantuanmu karena mereka percaya kamu bisa melakukannya dengan baik? Orang lain pernah memujimu dalam hal apa saja?

Pada intinya, mengenali atau bahkan menggunakan bakat berhubungan erat dengan pengenalanmu akan diri sendiri dan hubungan yang kamu miliki dengan orang lain. Bakat yang kamu miliki ada sebagai cara agar kamu bisa mengkontribusikan sesuatu ke dalam hidup orang lain. Pada saat yang sama, sadar atau tidak, bakat yang dimiliki orang lain juga membawa kontribusi ke dalam hidupmu.

+++

Some skills are acquired by learning, and others are already there naturally, and they are known as: talents. There are various kinds of talents and each person has different talent.

Public speaking, writing, management, math, music, art, drawing, teaching, leading, imagination, building relationship, and many more! The more people we know, the more we understand that this world is so rich of the potentials that can change and create many things.

Nobody is born without talents. All of us has talents. But the challenge is, talents can't be seen by our eyes, so we must find it first.

Start from knowing yourself: What are the things that you find natural to do and you even create good results? What are the things you do that makes you happy and you are satisfied with the result?

Then ask the people who are close to you such as parents, siblings, best friends, or maybe your teachers: What strength do they see in you?

Be more aware and think about this: What are the things that people would usually ask your help for because they believe you can do it well? What are the things that people compliment you for?

The main point is, knowing your talents or even using them is closely related with how well you know yourself and your relationship with others. The talents you have are a way for you to contribute to other people's life. At the same time, whether your realise it or not, other people's talents can also contribute something into your life.

Search By Tags
Archive
bottom of page