top of page
Recent Posts

Tidak Terbiasa


Pernah dengar istilah “taking things for granted”?

Istilah dari bahasa Inggris ini sungguh menarik, karena memang sangat bisa terjadi dalam hidup setiap orang.

“Taking things for granted” artinya seseorang tidak menghargai hal-hal ia miliki, karena ia TERBIASA dengan hal itu, sehingga ia tidak memperlakukan hal itu dengan sikap yang terbaik. Hal itu bisa berarti barang yang kita miliki, kesempatan, maupun seseorang.

Tentu ada dampak dari tidak menghargai sesuatu. Kita pada akhirnya akan kehilangan apapun yang tidak kita hargai. Biasanya kita akan sadar hal itu penting dan sebenarnya memiliki arti bagi hidup kita, setelah hal tersebut sudah tidak ada lagi di hidup kita. Misalnya, kita baru sadar teman kita itu berharga setelah kita kehilangan teman itu. Atau kita baru sadar kuliah itu penting, setelah kita kehilangan kesempatan untuk kuliah. Atau kita baru sadar mengembangkan talenta itu sesuatu yang spesial, setelah kita tidak lagi punya waktu untuk mengembangkan talenta kita sebebas yang kita bisa dulu.

Menikmati hidup termasuk memilih dengan sengaja untuk tidak terbiasa dengan apapun yang kita miliki hari ini. Lihat ke dalam diri kita dan sekeliling kita. Apa saja yang kita miliki? Pikirkan talenta apa saja yang kita punya. Pikirkan keluarga dan teman-teman yang ada di hidup kita. Pikirkan setiap kesempatan yang orang berikan kepada kita. Pikirkan berbagai barang yang kita miliki selama ini. Pikirkan waktu yang kita miliki.

Semua hal yang kita miliki, adalah hal yang spesial. Mari kita perlakukan dengan baik dan maksimal, kita pelihara sungguh-sungguh, kita hargai dan tempatkan sebagai sesuatu yang berharga bagi kita, sehingga kita tidak akan menjadi terbiasa dengan itu.

+++

Ever heard the term, “taking things for granted”?

This term is very interesting because it is very possible to happen in each person’s life.

“Taking things for granted” means someone doesn’t really value what he has because he is so USED to it, and he doesn’t really take a good care of it. That things could be something that we have, an opportunity, or even someone in our life.

There is a price to pay when we take things for granted. We will lose anything that we take for granted. We usually realise how they matter to our life when we no longer have them in our life. For example, we realise a friend is dear to us after we lose him or her. Or we realise that going to university is a privilege when we no longer have the chance to go to university. Or we realise that developing talent is something special, when we no longer have the time to develop our talents like before.

Enjoying life includes choosing not to take things for granted. Look inside and around us. What do we have? Think about our talents. Think about our family and friends. Think about the chance that people give us. Think about the things we possess all of this time. Think of the time we have.

Everything we have is special. Let’s treat it well, as best as we can, value it highly, so we won’t get used to it.

Search By Tags
Archive
bottom of page