top of page
Recent Posts

Express Your Appreciation


Hal yang kecil jika dilakukan berulang kali akan menjadi besar dampaknya. Prinsip ini berlaku untuk hal yang positif, dan juga berlaku untuk hal yang negatif, seperti mengeluh. Mengeluh sedikit demi sedikit, pada akhirnya akan menyebabkan ketidakpuasan yang besar di hati kita.

Setiap orang punya kapasitas dan standar yang berbeda. Ada kalanya dalam hubungan kita dengan orang lain, kita akan merasa orang lain seperti tidak memberikan yang terbaik - karena cara mereka dan standar dari apa yang mereka berikan bukan yang terbaik di mata kita. Saat kita menemukan hal ini, respon pertama yang mudah sekali kita keluarkan adalah mengeluh dan mengkritik.

Terkadang kita bersembunyi di balik alasan: kita mengkritik karena ingin orang lain menjadi lebih baik dari hari ini. Tapi selain itu, kita juga perlu memotivasi orang dengan cara yang positif, yaitu dengan memberikan apresiasi. Mengapresiasi bukan berarti kita mengabaikan apa yang masih kurang dan hanya ingin berkata-kata yang manis, tapi mengapresiasi artinya kita mengerti betul apa yang masih kurang, tapi kita melihat juga apa yang seseorang sudah lakukan dengan baik, dan memberikan perhatian pada hal itu, sehingga keluar pujian dari diri kita.

Pujian memotivasi orang lain untuk melakukan hal dengan lebih baik. Pujian membangun kepercayaan diri seseorang. Pujian secara langsung menyampaikan kalau kita mendukung orang tersebut. Kita perlu kritik yang membangun, tapi kita juga perlu pujian yang mengakui apa yang baik yang sudah kita lakukan. Orang lain juga sama. Orang perlu diberikan kritik untuk membuat mereka menjadi lebih baik, tapi mereka juga perlu pujian yang akan membuat mereka merasa usaha mereka dihargai.

+++

Little things that are done repeatedly bring big impact. This principle applies for the positive things as much as it applies on negative things such as complaining. Complaining, little by little will finally cause big discontentment in our heart.

Each person has their own capacity and standard. Sometimes in our relationship with other people, we felt like people don’t give their best - simply because their standard and the way they do it is not our version of the best. When we face this, our first response might be complaints and critics.

Sometimes we hide behind this excuse: we criticise because we want others to do better than today. But other than that, we also need to motivate other people in a positive way, such as giving appreciation. To appreciate doesn’t mean to ignore what needs to be fixed and to only give sweet words to other people, but to appreciate means that we fully understand what someone still needs to improve on but we also see their effort and we put the highlight on it, so we express our delight with praises towards them.

Praises motivate people to do better. Praises build confidence. Praises show our support towards someone. We need critics that will build us, but we also need praises that acknowledge our effort. Other people need the same thing. People need to be given critics so they can grow, but they also need to hear our praises that will make them feel that their efforts matter.

Search By Tags
Archive
bottom of page