top of page
Recent Posts

Growing Creatively


Sepanjang tiga minggu ini, kita berbicara tentang bagaimana berkembang dan maju dalam kreativitas kita. Tapi dalam berkembang maju, kita juga perlu mengukur perkembangan kita. Artinya, ada waktu-waktu tertentu di mana kita secara sengaja melihat ke belakang untuk mengevaluasi diri dan melihat sudah berapa jauh kita melangkah selama ini.

Mengapa kita perlu mengevaluasi diri?

Karena proses perkembangan dan kemajuan itu tidak selalu cepat, signifikan, dan terlihat jelas. Kadang kita beristirahat. Kadang kita seperti stuck di suatu tempat. Mengevaluasi diri membantu kita untuk mengenal titik proses kita saat ini, sehingga kita bisa memberikan respon yang benar.

Kami sudah menyiapkan beberapa pertanyaan yang bisa kamu gunakan untuk mengevaluasi dirimu.

  1. Dari 1-10 seberapa besar saya menilai perubahan dan perkembangan saya hari ini, dibandingkan dengan keadaan saya di 6 bulan yang lalu?

  2. Apa yang saya bisa rayakan dari perkembangan yang saya lihat ini?

  3. Apa yang perlu saya perbaiki dari proses yang sudah saya lewati ini?

  4. Apakah pemikiran saya tentang kreativitas sudah menjadi lebih dewasa sejak 6 bulan lalu?

  5. Apakah orang-orang yang dekat dengan saya selama 6 bulan ini membawa pengaruh yang positif kepada saya secara kreativitas?

  6. Resource apakah yang selama 6 bulan ini memotivasi saya dalam berkreasi?

  7. Jika ada waktu-waktu saya merasa stuck selama 6 bulan terakhir ini, bagaimana cara saya merespon?

  8. Jika ada kritik atau saran yang saya terima dari orang lain selama 6 bulan ini, bagaimana cara saya merespon?

  9. Apakah yang saya lakukan saat saya mengalami tantangan dalam berkarya selama 6 bulan ini?

  10. Bagaimana hasil karya saya membawa dampak yang positif bagi orang lain selama 6 bulan ini?

Apapun hasil yang kamu dapatkan dari pertanyaan-pertanyaan ini, terimalah itu sepenuhnya. Belajar dari perkembanganmu, untuk perkembangan yang lebih baik di masa depanmu.

Search By Tags
Archive
bottom of page