Recent Posts

Dari Awal Sampai Akhir


Sebelum sebuah mimpi jadi kenyataan, mimpi tersebut dimulai dari sebuah keinginan. Ingin mulai sebuah usaha. Ingin dapat nilai tertinggi di mata kuliah tertentu. Ingin jadi fashion designer yang unik. Ingin pekerjaan yang lebih baik. Dan lain sebagainya. Kemudian setelah itu, kita berusaha mencari tahu hal-hal yang kita percaya bisa kita lakukan untuk mewujudkan mimpi kita.

Berbeda dengan memulai mimpi, mewujudkan mimpi perlu komitmen. Yaitu sebuah tekad kalau kita akan menyelesaikan apa yang kita sudah mulai, meskipun ada tantangan, meskipun kita gagal, atau meskipun tidak ada yang mendukung kita.

Bagaimana caranya agar komitmen kita tetap terjaga melalui berbagai proses dalam mewujudkan mimpi?

Pertama, ingat kembali kenapa kita ingin meraih mimpi tersebut. Berkomitmen termasuk menjaga semangat kita. Hanya karena kita merasa begitu lelah hari ini, bukan berarti kita harus menyerah. Alasan utama meraih mimpi tetap ada di dalam hati kita di saat kita mengalami kegagalan sekalipun.

Kedua, kelilingi diri dengan orang-orang yang tepat. Persahabatan dan hubungan kita dengan orang lain sangat sangat besar dampaknya. Ada orang-orang yang kehilangan visinya karena dia bergaul dengan orang-orang yang tidak tepat, yang bukannya membawa dia semakin dekat pada mimpinya, tapi malah semakin jauh. Oleh karena itu, tempatkan diri kita dalam pergaulan yang membawa dampak positif.

Ketiga, rayakan setiap kemajuan. Jangan menjadi sangat kritikal pada saat kita melakukan kesalahan. Kita perlu juga merayakan diri sendiri dan setiap kemajuan atau kebaikan yang terjadi. Ini akan menginspirasi kita untuk melakukan yang lebih baik lagi dan terus maju.

Keempat, beri “makan” diri kita dengan hal-hal yang tepat. Apa yang kita dengar, baca, dan lihat mempengaruhi informasi dalam pemikiran kita. Buka diri kita kepada informasi dan inspirasi yang membuat kita termotivasi. Cari tahu tentang teknologi terbaru, kemajuan terbaru, hal-hal unik yang belum pernah kita dengar sebelumnya. Informasi yang tepat akan membawa pemikiran kita ke tempat yang lebih baik.

Komitmen pada intinya adalah setia melakukan sesuatu dari awal sampai akhir; dari memulai sampai mencapai, dan bahkan sampai mencari kemajuan berikutnya. Terus berjuang dan terus maju!

Search By Tags
Archive