top of page
Recent Posts

Finish Strong


Tahun 2018 akan segera berakhir. Beberapa dari kita mungkin tidak sedang di musim yang menyenangkan. Bagi kita yang sedang mengalami hal ini, kita mungkin masih memiliki banyak pertanyaan yang belum terjawab, tantangan yang sedang dihadapi, sulit bergerak maju, atau bahkan rasa sakit yang masih membekas.

Apapun yang kita alami hari ini, kita perlu ingat bahwa musim ini tidak tinggal untuk selamanya dan kita punya pilihan untuk tidak membawa beban kita ke tahun 2019. Melalui artikel kali ini, ada dua hal yang bisa kita lakukan agar bisa memulai tahun yang baru dengan semangat baru.

1 - Memaafkan kesalahan

Kita tidak anti peluru. Ada hal yang orang lakukan atau bahkan diri kita sendiri yang menyakiti hati kita. Tapi jangan biarkan kepahitan berakar di hati kita. Inilah saatnya untuk memaafkan segala kesalahan. Terima apapun yang sudah terjadi meskipun tampaknya tidak adil dan tidak pantas terjadi pada kita. Tapi langkah kita menuju masa depan harus selalu menjadi prioritas kita. Karena kita tidak bisa mengubah masa lalu, tapi kita bisa membentuk masa depan kita.

2 - Lepaskan

Bayangkan kalau kita membawa kantung berisi sampah selama seminggu penuh. Baunya tidak sedap. Semakin lama semakin terasa berat. Tenaga kita terbuang. Orang menjauh dari kita karena baunya tidak sedap. Bahkan kita sulit melakukan hal yang lain saat kita terus membawa kantung sampah itu. Hal yang sama terjadi saat kita terus membawa kekecewaan, kepahitan, rasa sakit, dan tidak mau memaafkan ke mana-mana. Satu cara untuk bebas? Hanyalah dengan melepaskan. Saat tangan kita kosong, kita bisa lakukan hal yang baru, yang lebih baik dari sebelumnya.

Untuk memulai tahun yang baru, lepaskan apa yang lama yang sudah berlalu. Mari akhiri tahun ini dengan baik!

///

Year 2018 is ending soon. And some of us may not be in a winning season now. For us who are in this season, we still have many questions unanswered, some battles to fight, some struggles to move forward, or even pain to deal with.

Whatever we face today, remember that it won’t last forever, and we have the choice not to bring our burdens into the 2019. Through this post we prepare 2 practical steps that you can do so you can start fresh in the new year.

1 - Forgive the wrongs

We are not bulletproof. Some things that people did or even what we did can hurt us. But we can’t let bitterness take root in our hearts. It’s time we forgive the wrongs. Accept that what happened was actually unfair and we may not even deserve it. But our steps forward should always be our priority. Because we can’t change the past, but we can shape our future.

2 - Let go

Imagine if we are carrying garbages around for the whole week. It smells. It’s getting heavy. It’s wasting our energy. It shoves people away from us because of the smell. It’s even hard for us to do something else when we are carrying garbages around. The same thing happens when we carry disappointment, bitterness, pain, and unforgiveness around. The only option to be free? Only by letting go. When our hands are empty, it means we can do new things, better things than before.

To embrace what’s new, we must let go of the old and the past. Let’s finish the year strong.

Search By Tags
Archive
bottom of page