top of page
Recent Posts

Family's Influence


Kita semua diciptakan dengan panca indra. Dari kecil, kita menerima berbagai informasi di sekeliling kita melalui panca indra kita terutama telinga, mata, dan kulit, sadar ataupun tidak. Waktu demi waktu berlalu, dan pada saat usia kita semakin bertambah, kita mulai menanyakan hal-hal seperti kenapa kita ada, untuk apa kita ada, siapa diri kita - singkatnya kita mulai sadar akan gambar diri kita.

Gambar diri kita menerima pengaruh yang amat sangat besar dari keluarga, tempat kita dibesarkan. Telinga kita menangkap cara pandang orang terhadap kita, mata kita melihat cara orang memperlakukan kita, kulit kita ingat penerimaan ataupun penolakan yang orang lain lakukan kepada kita. Semua pengalaman itu membentuk cara kita memandang diri kita, dan tidak sedikit orang yang memandang dirinya dengan cara yang salah oleh karena pengalaman buruk yang mungkin pernah ia terima di keluarga pada saat ia kecil.

Oleh karena itu, apapun peran kita di dalam keluarga kita saat ini, mari kita selalu memprioritaskan untuk membangun keluarga yang sehat.

Jika kita adalah orangtua, mari kita gunakan setiap kesempatan untuk membuat anak-anak bisa merasakan bahwa mereka berharga, sehingga keluarga menjadi sumber self-worth mereka yang utama. Bukan berarti kita harus memanjakan anak dan mengabulkan setiap permintaan mereka, tetapi tentang menanamkan nilai-nilai yang positif di dalam diri mereka.

Jika kita adalah anak, mari kita apresiasi dan hormati orangtua kita dengan sikap kita. Miliki karakter yang baik, penurut, dan taat. Saat orangtua kita berbuat salah, pilih untuk memaafkan, karena tidak ada orangtua yang sempurna. Selalu perlakukan mereka dengan hormat dan bantu mereka saat mereka memerlukan bantuan kita.

Jika kita adalah adik atau kakak, mari kita katakan hal-hal yang positif tentang saudara kita. Berikan kritik yang membangun, dan pada saat yang sama berikan pujian akan hal-hal yang mereka lakukan. Ungkapkan rasa bangga kita akan mereka. Berikan saudara kita waktu dan jadilah sahabat bagi satu sama lain. Selalu setia dalam mendukung mereka.

Pengaruh keluarga terhadap gambar diri seseorang sangatlah besar. Jika suatu keluarga mau bekerja sama satu sama lain dalam membangun gambar diri yang sehat, maka dampak positif yang bisa dinikmati pun sangatlah berharga.

Search By Tags
Archive
bottom of page