December 24, 2019

December 24, 2019

November 9, 2019

November 2, 2019

September 21, 2019

August 17, 2019

Please reload

Recent Posts

A Good Speaker, A Great Listener

March 10, 2019

 Ada beberapa cara untuk menyampaikan pesan kita. Bisa melalui gerak tubuh atau gestur kita, dan juga secara verbal dengan berbicara. Berbicara merupakan kelebihan kita sebagai manusia dibandingkan dengan mahkluk hidup lainnya sehingga berbicara menjadi salah satu komunikasi mendasar yang kita miliki.

 

Tapi masalahnya, kita tidak selalu nyaman untuk berbicara, terlebih lagi pada saat kita harus berbicara di depan banyak orang. Banyak ketakutan yang melanda kita. Takut salah kata-kata. Takut tidak didengarkan. Takut isi pesan kita tidak dianggap baik atau penting oleh pendengar kita. Dan masih banyak lagi.

 

Namun berbicara adalah cara kita mengekspresikan diri dan sebuah ekspresi seringkali bukan tentang salah atau benar, hitam atau putih, namun tentang kerpibadian dan keunikan kita masing-masing. Maka itu, kita harus terlebih dulu tahu nilai diri kita, sehingga kita bisa memiliki percaya diri dalam berbicara dan pada saat yang sama bisa menghormati orang lain yang mendengarkan kita dengan cara kita berbicara yaitu cara yang baik, benar, dan bisa diterima oleh orang lain.

 

Salah satu prinsip dasar yang dapat membantu kita untuk berbicara dengan orang lain adalah mendengarkan. Ke mana pun kita pergi, dengan siapa pun kita melewatkan waktu kita, selalu ada orang-orang yang berbicara. Entah topik apapun yang mereka bicarakan, jadilah pendengar yang sangat-sangat baik. Karena dengan menjadi pendengar yang baik, kita bisa mengerti keadaan sekitar dan orang lain. Berbicara bukan saja tentang mengekspresikan diri tapi tentang memberi dampak. Bagaimana kita bisa memberi dampak jika kita tidak mengerti konteks yang sedang terjadi di sekeliling kita ataupun orang lain? Maka itu, jadilah pendengar yang baik.

 

Mari jadikan mendengar menjadi kebiasaan kita. Mungkin awalnya tidak natural karena seringkali kita lebih ingin didengarkan daripada mendengarkan, tapi kuncinya adalah dengan belajar. Belajar mendengar. Terus belajar mendengarkan orang lain lebih baik lagi setiap harinya. Selamat mencoba!

Please reload

Please reload

Search By Tags
Please reload

Archive

© 2015-2018 by VANELA School

A Million Dreams - Greatest Showman Soundtrack
00:00 / 00:00
  • profile picture vanela
  • Twitter Social Icon
  • Instagram Social Icon
  • Facebook App Icon
  • YouTube Social  Icon