top of page
Recent Posts

Speaking Without Words


Komunikasi menjadi dasar dari membangun hubungan. Kita berkomunikasi setiap kali kita bertemu dengan teman, keluarga, ataupun orang yang baru kita kenal. Namun lebih dari menggunakan kata-kata dan berbicara saat berkomunikasi, tubuh kita juga menyampaikan pesan tertentu yang dikenal sebagai bahasa tubuh. Apa saja yang berperan dalam bahasa tubuh? Gerak tubuh, postur, cara berdiri, ekspresi wajah, pembawaan, dan bahkan nada bicara yang kita gunakan.

Kita harus peka terhadap bahasa tubuh kita karena bahasa tubuh turut merepresentasikan kepribadian kita. Pernahkah kita berkomunikasi dengan orang lain dan bisa mendapat impresi seperti, “Dia tampak malu-malu,” atau, “Dia sepertinya sombong,” dan lain sebagainya? Tentu impresi ini bisa saja tidak tepat karena mengenal orang lain membutuhkan waktu. Tapi melalui hal ini kita mengerti bahwa kepribadian kita terpancar dari bahasa tubuh. Menurutmu, bagaimanakah bahasa tubuhmu selama ini? Ambil waktu untuk mengevaluasi bahasa tubuhmu.

Lalu bagaimana jika kita sudah tahu bahasa tubuh yang kita miliki? Kami menyarankan beberapa bahasa tubuh yang dapat membantumu berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Pertama, kembangkan bahasa tubuh yang mengungkapkan hormat kepada diri sendiri dan juga orang lain. Menghormati artinya memberikan nilai yang tinggi kepada sesuatu. Kalau kita menghormati sesuatu, kita akan menjaga dan memperlakukannya dengan baik. Butuh kerendahan hati untuk mengembangkan sikap tubuh ini. Kedua, kembangkan bahasa tubuh yang mengungkapkan rasa percaya diri. Memiliki bahasa tubuh ini erat kaitannya dengan memiliki gambar diri yang sehat. Kita tidak bisa memalsukan kepercayaan diri. Percaya diri yang sehat harus dibentuk oleh pengenalan kita akan diri sendiri: Kekuatan apa yang kita miliki? Kelemahan apa yang kita miliki? Apa tujuan hidup kita? Artinya, gali dirimu lebih lagi. Semakin kamu mengenal dirimu, semakin terbentuk juga bahasa tubuh yang mengungkapkan percaya diri.

Ada begitu banyak hal yang bisa kamu lakukan dan kembangkan mengenai bahasa tubuhmu. Semoga artikel kali ini bisa membantumu untuk lebih peka akan bahasa tubuhmu, kemudian, pelajari dan cari lebih banyak hal dan materi yang bisa membantumu bertumbuh lebih lagi! Be the best version of you.

Search By Tags
Archive
bottom of page