top of page
Recent Posts

Improve Your Body Language


Di artikel sebelumnya kita sudah membahas mengenai pentingnya bahasa tubuh, yaitu sebagai salah satu cara kita menyampaikan kepribadian kita. Kali ini kita akan belajar lebih lagi mengenai cara-cara praktis yang bisa kita mulai praktekkan agar bisa meningkatkan bahasa tubuh kita!

1. Peka!

Peka terhadap bahasa tubuhmu, yang cenderung berbeda dipengaruhi oleh kepada siapa kita bicara. Bagaimana bahasa tubuhmu saat bersama teman? Bagaimana bahasa tubuhmu saat bersama orangtua? Bagaimana bahasa tubuhmu saat berkenalan dengan orang baru? Bagaimana bahasa tubuhmu saat seorang diri? Bagaimana bahasa tubuhmu saat bersama guru atau senior?

2. Belajar dari sekeliling!

Kita bisa belajar dari setiap orang yang kita lihat. Bagaimanakah pembawaan orang lain? Terutama orang-orang yang kamu kagumi. Bagaimana bahasa tubuh mereka?

3. Perhatikan gerak tangan dan kakimu!

Saat kamu tenang, bagaimana posisi tangan dan kakimu? Saat kamu gugup, bagaimana posisi tangan dan kakimu? Jika ingin menunjukkan kepercayaan diri, bagaimana seharusnya sikap tangan dan kakimu?

4. Eye contact!

Apakah kamu menatap mata orang saat bicara dengan mereka? Menatap mata orang lain menjadi salah satu cara menghormati. Perhatikan juga bagaimana cara orang lain menatap. Impresi apa yang kamu dapatkan dari cara mereka menatap?

5. Rileks!

Kecenderungan kita saat tegang adalah mengeraskan pundak. Sadari ini dan tenangkan diri. Saat kita melakukan ini secara tidak sadar kita turut membuat suasana/orang lain turut merasakan ketegangan kita.

6. Jangan membungkuk!

Saat duduk ataupun berdiri. Tubuh yang tegap turut membuat kita lebih semangat, dan menyampaikan antusiasme kita. Tegap pun jauh lebih baik untuk kesehatan tulang kita daripada membungkuk.

7. Tatap orang secara menyeluruh!

Jangan sekedar melirik. Posisikan tubuh sepenuhnya ke arah lawan bicara kita. Mereka bisa merasakan antusiasme dan hormat kita melalui sikap ini.

8. Kontrol rasa gelisah!

Pernahkah kita merobek-robek kertas saat di meja makan, atau mengetuk-etuk meja dengan tangan, atau mengetuk-etuk lantai dengan kaki, atau menggoyang-goyangkan kaki terus menerus saat duduk? Ini mengungkapkan kegelisahan kita. Tenangkan diri dan buat dirimu nyaman sehingga orang lain merasa nyaman berbicara denganmu.

9. Jabat tangan dengan baik!

Jabat tangan orang dengan yakin, sehingga mereka pun merasa nyaman. Jabat tangan terlalu lemah menunjukkan keengganan, dan jabat tangan terlalu keras menunjukkan dominasi.

10. Jadi dirimu sendiri!

Jika kamu nyaman dengan dirimu sendiri, orang lain juga akan nyaman saat menghabiskan waktu denganmu. Pertahankan dan kembangkan gambar diri yang sehat. Menjadi diri sendiri membuat kita jujur terhadap diri sendiri dan setiap orang yang kita temui serta memancarkan keunikan yang kita miliki.

Let’s improve on body language!

Search By Tags
Archive
bottom of page