Recent Posts

Happy for You


Sosial media saat ini kita seringkali sumber informasi kita. Mungkin kita lebih sering mengetahui tentang update hidup teman-teman kita melalui post mereka di sosial media. Namun kecenderungan ini jika tidak kita kendalikan, bisa menjadi alat kita membandingkan diri dengan orang lain. Dan tanpa disadari, yang kita bandingkan adalah highlight kehidupan orang lain dengan proses kehidupan kita saat ini.

Salah satu dampak dari membandingkan diri dengan orang lain adalah iri hati. Di saat iri hati, kita fokus pada apa yang tidak kita miliki dan akan sulit bagi kita unuk mengapresiasi orang lain. Kita bisa melewatkan momen-momen kehidupan kita sendiri dan akhirnya tidak mengapresiasi diri kita sendiri juga.

Satu-satunya cara agar kita bebas dari iri hati adalah belajar untuk ikut berbahagia bagi dalam kebahagiaan orang lain. Miliki empati dan cobalah melihat dari perspektif orang tersebut. Cari tahu cerita perjuangan orang lain dan belajarlah dari mereka. Apresiasi usaha mereka dan keberadaan mereka. Saat kita berkata, "Selamat!" Atau "Good for you!" Atau "I'm happy for you!" Kita akan fokus kepada hal-hal yang baik dari diri orang tersebut.

Selalu cari kebaikan dalam diri orang lain. Meskipun tidak ada orang yang sempurna, setiap kita punya kekuatan dan kebaikan. Mari jadi orang-orang yang murah hati dalam memberikan pujian yang tulus.

Search By Tags
Archive