Recent Posts

It’s Good to be Different


Berbeda itu baik.

Jarang bukan, mendengar ungkapan tersebut? Kita lebih sering mendengar bahwa berbeda itu aneh, dan lebih sering melihat bahwa yang berbeda itu tidak diterima dengan baik. Pandangan yang negatif terhadap perbedaan disebabkan oleh anggapan bahwa suatu hal tidak lebih baik dari yang satunya, sehingga saat kita melihat keduanya, kita membandingkan dan menilai demikian. Atau pemikiran yang beranggapan bahwa hanya ada satu cara yang benar, dan yang lainnya salah.

Sesuatu yang berbeda tidak selalu berarti negatif. Sesuatu yang berbeda artinya ada dua hal yang berbeda, keduanya tidak sama, tapi bukan berarti yang satu lebih baik dari yang lainnya. Oleh karena itu, kita perlu menghargai perbedaan yang kita miliki dengan orang lain. Setiap kita adalah individu yang unik. Sifat kita beda, kepribadian kita beda, cara pikir kita beda, latar belakang kita beda, kesukaan kita beda, dan masih banyak lagi. Tapi inilah yang membuat kita unik secara individu, dan kaya secara kolektif! Karena dengan demikian, kita bisa saling menyeimbangi satu sama lain, saling melengkapi, saat kita bekerjasama.

Ada beberapa alasan kenapa berani berbeda itu sesuatu yang baik. Pertama, berani berbeda membuat kita autentik, karena kalau kita hanya mengikuti orang lain dan lingkungan, kita tidak bisa menjadi pribadi yang autentik. Kedua, kita bisa mengembangkan potensi kreatif kita dengan berkarya dari ide-ide yang keluar dari diri kita. Ketiga, kita menjadi lebih percaya diri, karena kita tahu perbedaan kita bukan sesuatu yang buruk, tapi bisa membawa pengaruh yang positif kepada orang lain, bahkan menginspirasi mereka. Keempat, hidup menjadi lebih menyenangkan, karena menjadi diri sendiri berarti kita bisa jujur pada diri sendiri, kita merangkul pemikiran, perasaan, dan kepribadian kita.

Banyak hal baik lainnya yang bisa kita tuai dari perbedaan. Perbedaan itu baik, dan akan lebih baik lagi saat apa yang kita miliki bisa berpadu dengan apa yang orang lain miliki, dan kita bisa berkarya bersama-sama dengan mereka.

Search By Tags
Archive